Genteng Metal

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Jual Genteng Metal

kegiatan di tempat jual genteng metal

Tren penggunaan genteng metal sebagai pengganti genteng tanah liat semakin meningkat saat ini. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda juga mencoba bisnis produksi dan jual genteng metal untuk mendapatkan laba. Lalu, apa sajakah yang harus diperhatikan saat mencoba bisnis ini?

Ketahui Pasar

Bila Anda ingin mencoba bisnis genteng metal, pastikan Anda mengenal pasar Anda. Pada dasarnya, ada tiga jenis pasar yang bisa Anda incar, bawah, menengah dan atas. 

Untuk pasar kalangan bawah, Anda bisa menggunakan bahan yang agak murah agar harga jualnya juga bisa terjangkau. Dan, pasar lainnya menyesuaikan dengan pasar kelas atas memakai bahan premium.

Modal Awal

Modal awal bisnis jual genteng metal terbilang sangat besar, khususnya untuk Anda pemula dalam bisnis. Salah satu pemilik bisnis ini mengungkapkan saat mereka memulai, modal yang dibutuhkan bisa mencapai Rp. 300 juta. 

Akan lebih baik, bila Anda menggunakan modal dari uang pribadi, karena suku bunga bank saat ini sangat fluktuatif. Jadi, ada resiko masalah keuangan bila Anda memakai pinjaman bank.

Dan, modal tersebut hanya digunakan untuk membeli mesin cetak genteng metal. Belum lagi pengadaan bahan atau material dan juga tempat produksi. 

Tapi, bila modal Anda terbatas, Anda juga bisa menumpang produksi di pabrik genteng metal lainnya. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu membeli mesin mahal, dan bisa menjual produk genteng metal. 

Pemasaran dan Inovasi

Pemasaran juga perlu direncanakan dengan matang. Pilih target area penjualan produk genteng metal Anda. Lalu, gunakan kondisi demografis dan pasar area tersebut untuk membuat strategi pemasaran jual genteng metal yang tepat.

Inovasi juga dibutuhkan. Meskipun tren genteng metal sedang naik, masih banyak masyarakat yang lebih memilih genteng tradisional. Dengan inovasi terbaru yang membuat genteng metal lebih bermanfaat, maka Anda dapat menarik perhatian pasar tersebut.

Bahan Baku

Pengadaan bahan baku juga perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis jual genteng metal ini. Aturan Pemerintah yang baru membatasi impor beberapa bahan utama pembuatan genteng metal. 

Jadi, pastikan Anda meneliti dan mencari penyedia bahan baku yang baik dan berkualitas. Akan lebih baik lagi, bila penyedia tersebut adalah penyedia lokal, jadi harga bahan baku dapat dipangkas.

Stok Produksi

Menurut salah satu pengusaha jual genteng metal, stok produksi menjadi faktor utama dalam bisnis ini. Permintaan akan genteng metal yang terus meningkat, membuat Anda akan kebanjiran pesanan. Karena itu, menurut pengusaha tersebut, setidaknya Anda harus memiliki persediaan stok selama tiga bulan ke depan agar bisa memenuhi pesanan.

Penutup

Itu dia sedikit informasi tentang bisnis jual genteng metal. Bila Anda ingin mencoba bisnis ini, pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan seksama dan benar. Dengan begitu, bisnis Anda akan dapat berjalan dengan baik di awal, berkembang besar, dan sukses memberikan Anda keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *