Besi Hollow

Besi Hollow Jadi Primadona dan Banyak Jenisnya

Pemakaian besi kini mulai menguasai pasaran karena lebih praktis dan mampu membuat bangunan jadi lebih tahan lama, lebih aman digunakan, dan lebih kuat. Jika Anda punya rencana untuk membangun bangunan yang tertentu, seperti pagar rumah, maka salah satunya adalah memakai besi hollow

Besi Hollow, Primadona dalam Konstruksi

Besi ini sekarang sudah menjadi primadona bagi pekerja konstruksi, apalagi untuk orang-orang yang berencana akan membangun bangunan.

Sekarang ini hampir semua konstruksi bangunan memakai besi hollow. Tak hanya utamakan kualitas besi yang kokoh, tapi kini konstruksi pun memperhatikan estetika material bangunan. 

Besi ini bisa dimanfaatkan sebagai pintu pagar, kanopi, teralis modern, hingga untuk pemasangan plafon GRC board dan plafon gypsum. 

Jenis-Jenis Besi Hollow

Besi ini pun mempunyai beberapa jenis berdasarkan penggunaan. Berikut ini jenis-jenisnya:

  • Besi Hollow Galvanis

Jenis ini memiliki kandungan 97% coating Zinc (besi) , 1% coating aluminium, serta unsur-unsur bahan yang lain. Itulah mengapa besi ini memiliki sifat korosif. Di dalam pemakaiannya, besi ini direkomendasikan untuk membuat kanopi, pagar, teras, dan lain sebagainya.

Perlu untuk Anda ingat dan perhatikan jika jenis galvanis ini butuhkan lapisan yang anti karat dan jenis cat berkualitas tinggi. Tujuannya supaya besi tahan terhadap cuaca. Ukuran tebal besi ini sekitar 0.3 cm – 0.5 cm, dan juga tampilannya sangat rapi. 

  • Besi Hollow Galvalume

Hollow galvalume atau juga disebut Zincalume adalah jenis terbagus. Komposisi bahan pembuatan besi memiliki ketahanan lebih baik terhadap karat jika dibandingkan jenis lainnya. Jenis besi ini punya lapisan aluminium lebih besar dari jenis galvanis. 

Ada sekitar 55% kandungan aluminium, 43.5% besi, dan 1.5% silicon supaya besi ini tak mudah berkarat apabila terkena air biasa ataupun air hujan. Besi jenis ini biasanya digunakan untuk buat rangka dinding partisi gypsum atau rangka plafon. 

  • Besi Hollow Gypsum

Jenis ini adalah material bangunan yang banyak peminatnya karena tahan lama dan kokoh. Hollow gypsum banyak dipakai untuk buat rangka plafon di gedung atau rumah.

Pemilihan besi ini untuk plafon karena kokoh, ringan, dan kualitasnya lebih bagus daripada kayu. Aman karena tak akan terserang rayap. Bahan baku pembuatan dari besi berkomposisi beberapa lapisan, seperti meni dan stainless. Ukuran ketebalannya beragam, dari 0.3 mm – 0,4 mm. 

  • Besi Hollow Hitam

Jenis besi ini terbuat dari baja hitam. Ini membuatnya terlihat sangat kuat dan tebal jika dipakai sebagai bahan konstruksi. Namun, ukuran material hollow hitam sudah distandarisasi sehingga tak banyak pilihan. Oleh karena itu, rangka besi ini lebih sering dipakai untuk buat pagar. 

Besi hollow sekarang ini memang menjadi primadona dalam konstruksi bangunan. Salah satu alasannya karena memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan budget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *