safety shoes

Mengapa Toe Cap Metal-Free Dari Supplier Sepatu Safety Lebih Aman Dipakai?

supplier sepatu safety

Toe cap merupakan salah satu fitur yang ditonjolkan pada produk yang ditawarkan supplier sepatu safety. Sesuai namanya, fitur ini ditujukan untuk melindungi jari-jari kaki supaya tak langsung terkena cairan atau suhu ekstrem. Untuk itu pula, Anda harus memperhatikan material yang digunakan supaya toe cap tak balik merusak kulit kaki.

Toe cap berfitur metal-free

Toe cap pada safety shoes umumnya berbentuk menyerupai tempurung supaya aman digunakan. Pemasangannya pun harus sesuai K3 mengingat jenis sepatu ini ditujukan untuk melindungi pekerja dari berbagai risiko. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek juga jenis bahan yang digunakan agar proteksi yang diberikan lebih maksimal.

Apa jenis material yang aman dipakai untuk toe cap? Dulu, besi baja menjadi bahan yang kerap diandalkan dalam pembuatan fitur ini. Selain tahan lama, material tersebut mudah dibersihkan dan mampu melindungi kaki dari cairan maupun panas.

Sayangnya, di beberapa area kerja seperti pertambangan, toe cap berbahan besi baja akan membahayakan pemakainya. Paparan suhu panas secara berkala malah akan meningkatkan temperatur pada fitur tersebut. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan pada pemakai sampai menimbulkan cedera.

Kelebihan toe cap berbahan komposit

Oleh karena itu, sejumlah supplier sepatu safety mulai menawarkan produk yang metal-free. Pada toe cap, pemakaian besi baja mulai dikurangi dan diganti memakai bahan komposit yang lebih aman dan terjangkau. Beberapa di antaranya adalah plastik, fiberglass, dan serat karbon.

Lantas, apa yang membuat bahan-bahan komposit dinilai lebih aman dibandingkan besi baja? Harganya yang lebih bersahabat adalah salah satu faktor yang membuat produsen mulai beralih ke material ini. Namun, masih ada banyak kelebihan yang diberikan toe cap berbahan komposit.

Ketika dipakai di tempat-tempat bersuhu panas, toe cap yang dibuat dengan bahan-bahan komposit tak akan cepat memanas. Begitu pula di area dingin seperti cold storage.

Jadi kalau tak mau ambil resiko terkait keselamatan bekerja, pertimbangkan baik-baik toe cap pada sepatu yang dibeli dari supplier sepatu safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *