Ice Machine

Tips Merawat Crystal Ice Machine, Dijamin Mudah!

Perawatan ice machine sangat penting bagi bisnis untuk memastikan kualitas dan efisiensi yang optimal. Mesin es kristal yang biasa digunakan dalam industri memproduksi berbagai jenis es batu dan tabung. Untuk merawat mesin ini, penting untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk produktivitas es batu yang optimal dan penggunaan berkelanjutan.

  1. Periksa air baku pada bagian RO (Reverse Osmosis)

RO memainkan peran penting dalam sistem penyaringan air ice machine. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa air bakunya untuk mengetahui apakah alirannya lancar atau terhambat. Jika alirannya stabil, maka pasokan air mencukupi, sehingga mempengaruhi penyaringan.

  1. Menggunakan Sikat Khusus dalam Membersihkan

Membersihkan mesin es sesering mungkin sangat penting untuk menjaga kualitasnya bila digunakan secara rutin. Jika pemilik mesin kristal es ingin menggunakan mesin tersebut secara terus menerus, dia harus melakukan hal berikut.

Anda dapat membersihkan bagian dalam dan luar mesin ini menggunakan sikat khusus (sikat berbahan nilon). Penggunaan sikat tersebut dapat membantu membersihkan area mesin yang sulit dijangkau.

Saat membersihkan bagian-bagian mesin, matikan mesin terlebih dahulu. Pembersihan dapat dilakukan setelah tiga bulan pemakaian untuk memastikan pipa tidak bocor.

  1. Jaga Voltase Listrik Tetap Stabil

Mesin es dapat digunakan secara aktif pada voltase tertentu. Saat menggunakan mesin es kristal, sangat penting untuk memperhatikan input daya listrik.

Mesin dapat menyala pada tegangan 380-volt dan harus dalam kondisi stabil. Jika input listrik tidak dapat diandalkan, Anda dapat menggunakan stabilizer.

  1. Periksa Hasil Es yang Dikeluarkan Mesin Secara Berkala

Mesin es membuat es batu dengan waktu dan jumlah tertentu. Misalnya, mesin es kristal seberat satu ton dapat menghasilkan satu ton es batu dalam 24 jam. Anda dapat memeriksa mesin kristal es setelah tiga bulan untuk melihat apakah mesin tersebut masih menghasilkan produksi yang baik.

Anda juga dapat memeriksa pengaturan mesin untuk memverifikasi apakah hasil es tersebut masuk akal. Pengecekan tersebut bertujuan untuk menjaga agar pembuat es kristal yang memproduksi es batu tetap sesuai kapasitasnya.

  1. Menjaga Sirkulasi

Menjaga sirkulasi pada mesin es merupakan proses yang harus dilakukan pada mesin es kristal Anda, apalagi jika menggunakan air pendingin. Pada pendingin air, pembersihan lumut dilakukan pada menara pendingin. Periksa juga apakah air pendingin bersirkulasi dengan lancar di menara pendingin.

  1. Letakkan Mesin di Tempat Kondusif

Tempatkan mesin es di tempat sejuk untuk memaksimalkan produktivitas dan menghindari penyerapan panas. Atur suhu ruangan hingga 21°C, dengan suhu air 16°C untuk kinerja optimal. Hindari menempatkan mesin di dekat sinar matahari.

  1. Sesuaikan Percikan Air untuk Menghindari Korosi Mesin

Merawat rangka dan mesin ice machine sangat penting untuk mencegah karat dan memastikan kekeringan, terutama saat berhadapan dengan cipratan air.

Itulah beberapa tips dalam merawat ice machine. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *