Sepatu

Tempat Jual Rubber Shoes : Pengertian dan Jenis Bahan yang Umum Digunakan

jual rubber shoes

Salah satu elemen terpenting dalam memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna sepatu safety, yaitu sol sepatu. Di toko jual rubber shoes, biasanya terdapat banyak sekali bahan material pembuatan sol sepatu yang bisa dipilih sesuai keinginan. Bagi Anda yang penasaran mengenai jenis bahan material pembuatan sol sepatu, bisa simak informasinya berikut.

Pengertian dan jenis – jenis bahan pembuatan rubber shoes

Pada dasarnya, sol sepatu merupakan lapisan bagian bawah yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Dalam hal ini, sol sepatu berbahan karet menjadi solusi alternatif terbaik bagi banyak orang lantaran menawarkan banyak sekali keunggulan di dalamnya. Namun terlepas dari hal tersebut, nyatanya ada banyak sekali jenis – jenis bahan pembuatan rubber shoes yang marak dijual di pasaran, di antaranya yakni sebagai berikut.  

  • Rubber / sol karet

Pertama, ada jenis sol karet yang banyak ditawarkan di toko jual rubber shoes dengan bahan material dari getah alam, serta diproduksi secara sintetis. Sol sepatu yang terbuat dari bahan karet ini memiliki sifat yang tahan terhadap aus, tidak gampang tergores dan memiliki elastisitas yang baik. Di samping itu, sol sepatu karet ini juga dapat memberikan cengkeraman yang baik di berbagai permukaannya. 

  • Polyurethane (PU)

Berikutnya, ada sol sepatu dari bahan polyurethane sintetis yang memiliki sifat terbilang ringan, tahan terhadap minyak & zat pelarut serta tahan dari masalah keausan. Karena alasan itulah, tidak mengherankan jika penggunaan bahan material ini sangat cocok untuk pembuatan produk sepatu. Pasalnya mengkombinasikan antara sisi ketahanan dan juga sifat bahannya yang ringan.

  • Thermoplastic Rubber (TPR)

Diketahui, bahan TPR satu ini merupakan campuran dari bahan karet dan plastik yang kemudian akan dicetak dengan teknik pemanasan yang baik. Di dalamnya, bahan material ini menawarkan gabungan sifat – sifat antara plastik dan karet. Baik itu berupa ketahanan terhadap aus, memiliki sisi fleksibilitas dan menawarkan fitur cengkeraman yang baik serta menawarkan keunggulan dari hal biaya produksi.

  • Polyvinyl Chloride (PVC)

Seperti namanya, untuk bahan material sol PVC satu ini terbuat dari bahan plastik yang menawarkan banyak kelebihan di dalamnya. Yaitu memiliki sifat tahan terhadap air, aus dan memiliki bobot yang cenderung lebih ringan. Di samping itu, penggunaan material PVC untuk sepatu ini juga memberikan kemampuan molding yang baik, sehingga menawarkan desain sol sepatu yang beragam.

  • Sponge Outsole

Terakhir, ada sol sepatu dari bahan sponge yang dibuat dari material spons atau busa dengan sifatnya yang ringan dan menawarkan efek penyerapan kejut di dalamnya. Biasanya, penggunaan sol sponge ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan sepatu olahraga. Yang mana, hal ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan ekstra dan peredaman terhadap tekanan.

Demikianlah tadi informasi seputar sol sepatu dan juga jenis – jenis sol sepatu yang bisa Anda beli nantinya di toko jual rubber shoes yang ada di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *