Kuliah Online

Mau Daftar Kuliah Sarjana Online? Kenali Dulu 6 Proses Pembelajarannya!

daftar kuliah sarjana online

Ketika memilih daftar kuliah sarjana online, ada sejumlah hal yang perlu Anda pahami agar tak menyesal di kemudian hari. Salah satunya proses pembelajaran yang menjadi pembeda antara kelas virtual dengan tatap muka langsung. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda akan dimudahkan membayangkan metode belajar sesuai kenyamanan yang ingin dicapai.

Proses pembelajaran dalam kuliah online

Bukan sekadar harus sedia koneksi internet, pembelajaran selama kuliah online pun melibatkan interaksi di antara partisipan. Hanya saja, Anda kini menggunakan teknologi dan perangkat sebagai penunjang. Adapun enam proses yang biasanya diaplikasikan adalah:

  1. Pembelajaran langsung

Disebut juga sebagai synchronous learning, proses pembelajaran ini sekilas menyerupai kuliah langsung di kelas. Namun, Anda memerlukan koneksi internet dan gadget untuk menyimak dosen yang mengajar secara real-time. Konsepnya sekilas menyerupai live streaming, sehingga membuat pengajar dan anak didiknya dapat berkomunikasi dua arah.

  1. Pembelajaran terekam

Beberapa orang tertarik mengambil daftar kuliah sarjana online karena terdapat pembelajaran terekam atau asynchronous learning sebagai salah satu metodenya. Materi biasanya disiapkan dosen sejak jauh-jauh hari untuk kemudian dibagikan kepada para mahasiswa. Proses ini sangat membantu mahasiswa yang memerlukan jadwal fleksibel seperti kelas karyawan.

  1. Pembelajaran hibrida

Selanjutnya ada pembelajaran hibrida atau hybrid learning yang mengkombinasikan metode pembelajaran langsung dengan online. Mahasiswa biasanya diharuskan datang langsung untuk aktivitas tertentu seperti ujian. Sementara pertemuan dengan dosen dapat dilakukan di kelas atau melalui platform conference secara virtual.

  1. Pembelajaran mandiri

Dikenal sebagai self-paced learning, proses pembelajaran ini ditujukan untuk Anda yang ingin menentukan kecepatan serta jadwal belajar sesuai jadal sendiri. Tak ada tekanan apalagi paksaan untuk mempelajari materi-materi kuliah. Hanya saja, Anda harus disiplin karena semuanya diurus sendiri, tetapi ada Learning Management System (LMS) untuk membantu pengelolaannya.

  1. Pembelajaran personal

Jika melihat opsi ini saat daftar kuliah sarjana online, prosesnya tak sama dengan pembelajaran mandiri. Pembelajaran personal atau personal learning mengacu pada penyesuaian materi dengan kemampuan Anda saat kuliah. Mahasiswa yang mengambil proses ini diberikan kesempatan untuk memahami materi sampai menguasainya dan menerima analisis perkembangan belajar.

  1. Pembelajaran kolaborasi

Pembelajaran kolaborasi atau collaborative learning mempunyai konsep yang menyerupai study group. Anda akan dimasukkan ke dalam kelompok untuk mengikuti proses belajar, berdiskusi, dan mengerjakan tugas bersama anggota lain. Jenis proses ini cocok bagi mereka yang kesulitan fokus self-study dan membutuhkan teman untuk berbagi gagasan maupun masukan.

Perlu diingat bahwa universitas yang membuka daftar kuliah sarjana online barangkali hanya menawarkan beberapa proses pembelajaran. Anda yang butuh penjelasan lebih lengkap terkait metode dan cara kerjanya dapat bertanya kepada staf sebelum registrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *