Genset

Cara Perawatan Genset Agar Tetap Awet

generator listrik

Genset adalah salah satu alat penting yang bisa menjaga pasokan listrik cadangan agar tetap tersedia. Oleh karena itu, cara perawatan genset yang baik harus Anda ketahui agar genset bisa tetap awet dan tidak mudah rusak. Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka genset akan memberikan banyak sekali manfaat untuk pemiliknya. 

Untuk menjaga genset agar tetap awet dan bisa bekerja dengan maksimal, maka penting untuk Anda melakukan perawatan secara rutin. Mulai dari memeriksa bahan bakar sampai dengan mengganti spare part.

Cara Perawatan Genset yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan genset yang tepat agar bisa tetap awet dan dapat bekerja secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan daya listrik, antara lain:

  1. Cek Bagian Bahan Bakar

Cara perawatan genset pertama yaitu dengan memastikan bahwa bahan bakar yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik. Hal ini bertujuan agar bahan bakar tersebut tidak akan merusak komponen mesin. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa filter secara berkala. Filter yang kotor nantinya bisa menghambat aliran bahan bakar dan akhirnya mengganggu performa genset itu sendiri.

  1. Simpan di Tempat Kering

Simpan genset di tempat yang kering dan terlindung dari kelembaban. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga komponen yang sensitif di dalam genset seperti misalnya sistem elektronik ataupun koneksi listrik. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penutup yang sesuai guan melindungi genset dari kelembaban, debu, dan juga potensi kerusakan lain.

  1. Bersihkan Genset Sebelum dan Sesudah Digunakan

Pastikan untuk menjaga kebersihan genset agar performanya selalu optimal. Jadi sebelum ataupun sesudah penggunaan genset, pastikan untuk membersihkan kotoran, debu, minyak, dan noda lainnya yang ada di bagian luar. Partikel tersebut tak hanya bisa mengganggu secara visual saja, tapi juga bisa menghambat aliran udara yang dibutuhkan. Jika genset Anda bersih, maka Anda dapat mengurangi risiko overheating.

  1. Panaskan Mesin Genset Secara Rutin

Mesin genset membutuhkan pemanasan terlebih dulu sebelum nantinya digunakan. Apabila mesin genset jarang dipanaskan, maka risiko masalah terjadi saat digunakan akan meningkat. Oleh sebab itu, Anda harus memanaskan mesin genset secara rutin dalam kondisi beban yang ringan. Hal tersebut akan membantu untuk menjaga komponen tetap bergerak dan meratakan pelumas ke seluruh sistem genset.

  1. Periksa Kabel Instrumen

Kabel penghubung adalah jalur yang sangat penting untuk aliran listrik pada genset. Oleh karena itu, Anda harus memeriksanya secara rutin dan pastikan tidak akan yang rusak, aus, ataupun terkelupas. Kabel yang rusak bisa menyebabkan adanya gangguan di dalam aliran listrik, bahkan dapat menyebabkan potensi korsleting.

Itulah beberapa cara perawatan genset yang perlu Anda pahami agar genset Anda tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *