Perawatan Rambut

5 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Rambut Menjadi Lebih Sehat dan Tebal

setelah mengikuti cara melebatkan rambut yang tepat

Rambut yang terus menipis karena adanya kerontokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi salah satunya bisa terjadi karena kurangnya gizi tertentu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah cara melebatkan rambut dengan makanan sehat. 

1.Stroberi 

Stroberi menjadi salah satu jenis beri-berian yang dapat dimanfaatkan sebagai cara melebatkan rambut yang mengalami kerontokan. Makanan yang ini sangat kaya dengan antioksidan dan vitamin yang memiliki potensi untuk membantu menumbuhkan rambut. Antioksidan buah stroberi bisa membantu menjaga kerusakan rambut yang diakibatkan radikal bebas. 

Vitamin C yang terkandung dalam buah stroberi juga memiliki potensi membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang dapat membantu mencegah terjadinya kerontokan. Agar Anda bisa mendapatkannya bisa mengkonsumsi satu gelas jus stroberi tanpa ditambahkan gula. Manfaat dari buah yang satu ini dapat dirasakan bila Anda mempunyai rambut tipis dan mudah patah. 

  1. Ubi 

Sama seperti cara melebatkan rambut bayi secara alami dengan mengkonsumsi ubi jalar yang memiliki rasa manis dan kandungan beta karoten di dalamnya bisa membantu rambut Anda menjadi lebih sehat. Tubuh kita memang akan membutuhkan beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. 

Vitamin A ini dipercaya bisa mempengaruhi produksi sebum yang dapat membantu menjaga kesehatan maupun kelembaban di rambut. Kandungan vitamin An tersebut juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Rutin mengkonsumsi ubi jalar setidaknya 114 gram setiap harinya maka Anda dapat merasakan manfaatnya. 

  1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menuju rambut supaya tubuh sehat dan ideal. Telur ini memiliki kandungan zat besi penting dan baik untuk kesehatan rambut, seperti seng, biotin, selenium, protein dan masih banyak lagi. Hampir seluruh folikel rambut memiliki kandungan protein. Inilah, sebabnya ketika Anda kekurangan protein menjadikan rambut lebih rapuh dan mudah mengalami kerontokan. 

Sementara itu, kandungan biotin menjadi salah satu zat esensial yang memiliki potensi dalam memproduksi keratin. Keratin itu sendiri merupakan sejenis protein yang dapat membuat rambut tumbuh lebih sehat dan lebat. 

  1. Sayur Bayam

Jika Anda suka memakan bayam, maka wajib untuk meneruskan kebiasaan tersebut. Bayam ini menjadi makanan yang dapat membuat rambut lebih subur, supaya tebal dan juga sehat. Bayam memiliki kandungan zat besi, folat, vitamin C dan vitamin A. Kandungan vitamin A yang ada pada bayam memiliki potensi membantu kelenjar kulit memproduksi minyak alami di kulit. 

Zat berminyak tersebut membantu untuk melumasi folikel kulit kepala maupun rambut. Hasilnya rambut menjadi lebih berkilau, kuat, sehat dan tebal. Mengkonsumsi satu cangkir sekitar 30 gram bayam sudah bisa memenuhi 54% kebutuhan harian vitamin A. Kebutuhan harian vitamin A orang dewasa sekitar 650 RE. 

  1. Ikan 

Cara menebalkan rambut juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai jenis ikan yang berlemak, seperti tongkol dan cakalang. Jenis ikan satu ini memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Ada sebuah penelitian yang mengamati pemberian asupan omega 3 dan omega 6 secara rutin yang sangat baik untuk para penderita rambut rontok. 

Penelitian tersebut sudah dilakukan pada 120 wanita yang mengkonsumsi suplemen omega 3 serta omega 6 kurang lebih enam bulan sebagai salah satu cara melebatkan rambut. Hasil risetnya dilaporkan jika masalah rambut rontok yang peserta tersebut menjadi berkurang, bahkan rambut yang mereka miliki menjadi tebal dan sehat. Agar mendapat rambut tebal Anda dapat mengkonsumsi ikan yang berlemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *