Pizza Oven

Hanya Membutuhkan Waktu Sebentar, Begini Cara Bakar Pizza Oven

Secara tradisional, pizza oven ala Italia dimasak dengan dibakar di tungku api. Bahan baku pembakaran tungku adalah kayu bakar agar hasilkan api besar.

Seiring perkembangan zaman serta teknologi di dapur, banyak yang beralih memakai oven dalam pembuatan pizza. Tak hanya lebih praktis, hasilnya juga tak jauh beda dengan pizza dibakar di tungku api. 

Namun, Anda tetap harus perhatikan sejumlah hal penting yang terkait dengan cara bakar pizza oven.

Pakai Suhu Tinggi

Pizza ada baiknya dimasak dengan memakai suhu tinggi, supaya kematangan setiap bagiannya dapat merata, dari roti, topping, serta pinggirannya. Anda dapat memanaskan oven dahulu selama 20 menit dengan suhu kurang lebih 400 derajat celcius.

Sambil tunggu oven dipanaskan, beragam topping serta saus di roti-nya dapat ditata ataupun dioleskan. Lalu, barulah memasukkan pizza ke oven. 

Taburkan Tepung Terigu pada Loyang Pizza

Salah satu yang kerap dikhawatirkan ketika membuat pizza oven adalah roti menempel ataupun lengket di loyang. Agar hal tersebut tak terjadi, Anda dapat menaburkan tepung terigu pada seluruh permukaan loyang sebelum dipakai untuk panggang pizza. 

Setelah pizza matang, kemudian keluarkan loyang dari oven, tuang secara perlahan di meja ataupun piring saji. Jika masih terdapat bagian yang menempel, Anda dapat mencongkelnya secara perlahan dengan bantuan alat dapur, seperti garpu atau spatula.

Jangan Terlalu Lama Bakar Pizza

Hampir semua restoran pizza cepat saji buat dan bakar pizza dengan dadakan supaya kualitas rasa yang tetap terjamin. Terlebih ada restoran delivery pizza yang berikan jaminan 30 menit sampai ke lokasi pemesan. 

Anda tidak perlu heran dengan konsep itu, karena pizza tak memerlukan waktu pembakaran terlalu lama. Sebab, suhu untuk pembakaran cukup tinggi. Terlebih jika rotinya tipis, waktu pembakarannya maksimal 10 menit. 

Nah, itulah dia tiga cara membakar pizza oven. Cukup simpel, tapi harus diperhatikan benar-benar supaya pizza memiliki hasil yang enak. Jangan lupa praktikkan cara-cara di atas dan buat pizza olahan Anda sendiri. Semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *