Percetakan

Sebelum Cetak Buku Tahunan, Ketahui Dahulu Ukuran-Ukuran Kertas Buku Tahunan Berikut!

bahan buku untuk cetak buku tahunan

Setiap tahunnya, biasanya sekolah-sekolah akan membuat buku tahunan atau disebut juga dengan buku album sekolah. Dikarenakan buku ini penting sekali sebagai salah satu kenang-kenangan masa sekolah, sebaiknya dirancang sebagus mungkin. Saat cetak buku tahunan, jangan sampai salah merancangnya dan penting juga untuk memahami apa ukuran kertas yang akan digunakan.

Apa Ukuran Kertas yang Biasa Digunakan untuk Buku Tahunan?

Ada sejumlah ukuran kertas yang biasanya dapat dipakai untuk cetak buku tahunan. Ukuran tersebut antara lain yaitu ukuran A (A4 dan A5) serta ukuran B (B4 dan B5). Kertas ukuran A4 adalah salah satu yang banyak digunakan untuk buku tahunan sekolah, dengan ukuran 21 x 29,7 cm. 

Kertas A4 adalah ukuran standar kertas, sehingga mudah ditemukan di berbagai jasa cetak buku tahunan. Selain itu, kertas A4 ini ukurannya lebih besar dari A5. 

Sementara itu, ukuran B4 sedikit lebih besar dari kertas A4, dan muat lebih banyak foto, kertas ukuran ini termasuk ideal untuk jadi ukuran buku tahunan. Jika anda mencari ukuran kertas yang lebih besar dari kertas A5 namun lebih kecil dari kertas A4, ukuran kertas B5 adalah pilihan yang tepat.

Persiapan dalam Pembuatan Buku Tahunan Sekolah

Sebelum cetak buku tahunan atau buku Yearbook sekolah, pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu berbagai hal penting dalam pembuatannya. Poin penting yang pertama yaitu tentang konsep/tema, tentukanlah dengan matang apa konsep/tema yang akan dipakai. Kedua yaitu menentukan isi buku tahunan.

Ketiga, yaitu menyusun draft halaman mulai dari cover hingga akhir halaman. Keempat, tentukan jadwal pengerjaan. Kelima, manfaatkan waktu sesi photoshoot dengan baik, kemudian setelah semuanya selesai, rencanakan percetakan buku tahunan.

Masalah editing dan percetakan, anda dapat berkonsultasi dengan pihak jasa percetakannya. Namun pastikan jasa tersebut sudah dipercaya dan mampu memberikan hasil yang terbaik dengan pelayanan yang baik pula. Tahapan yang tidak kalah penting dalam proses pembuatan Yearbook adalah soal budget, harus diperhitungkan dengan tepat.

Demikian pembahasan seputar berbagai jenis ukuran kertas untuk cetak buku tahunan, serta terkait persiapan dalam membuat buku tahunan sekolah. Semoga dapat membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *