Genset

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Genset Kecil

sutet listrik

Generator set atau yang lebih dikenal dengan sebutan genset dengan kapasitas kecil memiliki berbagai manfaat, terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Akan tetapi harga genset kecil di berbagai toko saat ini cukup bervariasi. Secara umum, ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi perbedaan harga genset tersebut.

#1. Kapasitas Genset

Faktor pertama yang menentukan harga genset di pasaran adalah kapasitas dari produk tersebut. Pada umumnya, kapasitas suatu genset akan diukur dalam kilowatt (kW). Terkadang Anda juga akan menemukan genset di toko yang menggunakan ukuran kilovolt-ampere (kVA).

Genset dengan ukuran kecil biasanya hadir dengan ukuran kapasitas mulai 5 kVA atau 5000 kW. Produk tersebut juga umumnya memiliki kapasitas bahan bakar 5 sampai 6 liter. Anda bisa menggunakan genset mini dengan kapasitas tersebut selama kurang lebih 6 jam.

Genset yang memiliki kapasitas lebih besar tentunya akan dapat menghasilkan daya listrik yang lebih besar pula. Tidak hanya itu, produk tersebut juga akan dapat melayani beban yang lebih besar. Akan tetapi, semakin tinggi kapasitas suatu genset, harganya juga akan semakin mahal di pasaran.

#2. Jenis Bahan Bakar Genset

Mesin genset dapat dioperasikan dengan menggunakan berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, gas alam, dan solar. Bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan mesin genset ini juga akan mempengaruhi harga produk.

Harga genset kecil yang menggunakan gas alam biasanya lebih ekonomis. Hal ini selain genset tersebut lebih ramah lingkungan, biaya operasionalnya juga cenderung lebih ringan. Namun Anda mungkin akan membayar lebih tinggi untuk genset dengan bahan bakar gas alam ini di awal penggunaan.

#3. Brand dan Kualitas

Saat ini ada banyak brand genset kecil dengan berbagai kualitas yang tersedia di pasaran. Hal inilah yang juga menjadi salah satu penentu harga sebuah generator set. Karena reputasinya, genset keluaran brand-brand terkenal biasanya dijual dengan harga lebih mahal di pasaran.

#4. Fitur Tambahan pada Genset

Fitur-fitur tambahan yang tersedia pada mesin genset juga menentukan tinggi rendahnya harga. Beberapa fitur tambahan yang biasanya ditemukan pada sebuah genset diantaranya adalah pelacakan pemeliharaan, otomatisasi penyalaan saat terjadi pemadaman listrik, dan kecanggihan sistem manajemen bahan bakar.

#5. Pemeliharaan dan Layanan Distributor

Salah satu faktor penentu harga genset kecil adalah pemeliharaan. Hal ini harus Anda perhitungkan dengan teliti bahkan sebelum memutuskan membeli sebuah genset. Salah satu alasannya adalah genset membutuhkan perawatan rutin untuk dapat terus beroperasi secara optimal. 

Tidak hanya itu, ada kalanya genset yang dibeli membutuhkan layanan jangka panjang sesuai dengan standar yang ditetapkan distributor. Tentunya perawatan yang rutin dan tepat waktu ini membutuhkan budget tersendiri dari pemilik genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *